Judul : Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015
link : Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015
Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015
Sahabat guru, berikut ini adalah soal -soal latihan untuk persiapan uji kompetensi guru. Soal-soal ini merupakan arsip soal dari UKA(Uji Kompetensi Awal) PLPG tahun 12 untuk Guru Kelas SD. Meskipun sudah agak lama tapi materinya masih relevan dengan kisi-kisi soal UKG tahun 2015 yang dikeluarkan oleh Dirjen Guru Depdiknas.
1. Pada umumnya cerita rakyat berisi pesan moral, termasuk cerita "Malin- Kundang"! Cerita rakyat ini mengisahkan Malin Kundang yang semula sebagai nelayan miskin. Untuk memperbaiki kehidupannya, Malin Kundang merantau" dan ia sukses menjadi padagang yang kaya raya. Setelah menikah, ia memutuskan untuk kerribali ke kampung halamannya. Di pelabuhan, ia disambut oleh sorang wanita tua berbaju kotor dan lusuh, yaitu ibunya. Akan tetapi, ia mengusir dan mengingkari bahwa wanita itu ibunya karena malu dengan istrinya. Ibunya sangat marah dan mengutuk Malin Kundang, "Oh Tuhan, kalau benar ia ariakku, aku sumpahi dia menjadi sebuah batu".Tfdak berapa lama tubuh Malin Kundang perlahan menjadi kaku dan lamakelamaan akhirnya berbentuk menjadi :sebuah batu karang. Sampai saat ini Batu Malin Kundang masih dapat dilihat di sebuah pantai bernama pantai Air Manis, di selatan Kota Padang, Sumatera Barat.
Pesan moral dalamb cerita"Malin Kundang" adalah ..
A. Anjuran untuk berbakti kepada orang tua.
B. Anjuran untuk patuh kepada orang tua.
C. Nasihat untuk menghormati orang tua.
D. Nasihat untuk tidak durhaka kepada orang tua.
B. Anjuran untuk patuh kepada orang tua.
C. Nasihat untuk menghormati orang tua.
D. Nasihat untuk tidak durhaka kepada orang tua.
2. Perhatikan penggalan puisi berikut.
Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma
Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di pagi hari
Menuju padang bakti
Penggalan pusi di atas memuat pesan-pesan sebagai berikut, kecuali...
A. Orang muda harus siap menghadapi kehidupan masa depan.
B. Menyesal pada masa tua hanya semakin menyakitkan.
C. Orang tua harus terus berjuang di padang bakti.
D. Tidak ada gunanya menyesal pada hari tua.
3. Ada lima jenis wacana atau karangan dalam bahasa Indonesia yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, -argumentasi, dan persuasi. Masing-masing jenis wacana mempunyai karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Perbedaan antara narasi dandeskripsi adalah sebagai berikut, kecuali... .
A. Narasi merupakan bacaan yang berisi penjelasan, sedangkan deskripsi berisi •penceritaan.
B. Narasi memuat urutan rangkaian peristiwa, sedangkan deskripsi memuat gambaran suatu peristiwa.
C. Penulisan narasi tidak perlu melibatkan panca indra, sedangkan penyusunan deskripsi harus melibatkan panca indra.
D. Narasi merupakan bacaan yang berisi penceritaan, sedangkan deskripsi berisi penjelasan.
4. Ada kalanya sebuah surat tidak sampai kepada alamat yang dituju sehingga dikembalikan ke pengirimnya. Salah satu penyebabnya adalah kurang lengkap atau kurang jelasnya alamat tujuan surat. Di antara penulisan alamat tujuan surat berikut ini, yang paling lengkap dan jelas adalah ...
A. Kepada
Yth. Saudaraku Ani
di Jin. Melati RT 03, RW 0 1 , Laweyan, Solo
B. Kepada
Ani
Jin. Melati 13A, Laweyan, Solo
C. Yth. Ani
RT 0 3 R W 1 , Pajang, Laweyan, Solo.
D. Kepada Yth.
Ani
di Jalan Melati, Gang IV, Laweyan, Surakarta
5. Ada sebuah surat yang memuat komponen-komponen dengan urutan sebagai berikut:
1) Tempat dan tanggal surat
2) Alamat dan tujuan surat
3) Pembuka
4) Isi surat
5) Penutup
6) Tanda tangan
7) Nama terang
6. Ditinjaunya dari kerangkanya, surat tersebut dapat dikategorikan sebagai surat....
A. Resmi.
B. Dinas.
C. Pribadi.
D. Dagang
7. Sudut pandang yang banyak digunakan dalam cerita.ada dua, yaitu sudut pandang orang pertama dan ketiga. Pehggalan cerita berikut ini mengunakan sudut pandang orang ketiga, kecuali...
A. Kata Pang Hangru "Ambillah rencong dan ikat kepalaku. Larilah lekas pada ibumu. Sampaikan salamku dan teruskan perjuangan!"
B. Rara Anteng amat gelisah. Ternyata raksasa itu amat giat. Malam masih panjang, tetapi pekerjaan raksasa itu hampir selesai. Rara berpikir mencari akal.
C. Sebelum memancing, Rudi mencari urnpan cacing terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit karena Paman Haris sudah memberi tahu tempat yang banyak cacingnya. Setelah mendapat cukup banyak cacing, Rudi melemparkan kailnya ke sungai.
D. Gajah tak mau mengelakkan diri, kemudian gajah merasakan nyeri di kakinya, sekujur tubuhnya gemetar danpandangan matanya nanar serta berkunangkunang.
8. Perhatikan penggalan puisi berikut
Segala menebal
Segala mengental
Segala tak terkenal
Selamat tinggal
Setelah membaca penggalan puisi Chairil Anwar di atas, keindahan yang relatif cepat dapat dinikmati terletak pada ...
A. Diksinya.
B. Temanya.
C. Iramanya.
D. Rimanya.
9. Kegiatan parafrase dalam apresiasi sastra adalah mengubah bentuk sastra. Salah satu pengubahan bentuk tersebut adalah mengubah puisi menjadi prosa. Berikut ini merupakan langkah-langkah menyusun parafrase puisi ke dalam bentuk prosa, kecuali...
A. Menentukan makna pada (setiap) baris puisi.
B. Menentukan makna denotatif dan konotatif.
C. Menentukan makna struktural/gramatikal.
D. Menentukan makna utuh/keseluruhan.
10. Apresiasi drama dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, juga dapat silakukan secara reseptif maupun produktif. Kegiatan di bawah ini termasuk apresiasi drama secara tidak langsung, kecuali...
A. Menceritakan kembali.
B. Membaca naskah drama.
C. Menonton pertunjukan drama.
D. Pertunjukkan yang memakai mimic
11. Mayoritas penduduk Indonesia adalahmultibahasawan, yaitumenggunakan beberapa bahasa untuk berkomunikasi. Akan tetapi,bahasa pertama sebagian besar anak Indonesia adalah...
A. Bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.
B. Bahasa daerah dan bahasa Jawa.
C. Bahasa Jawa dan bahasa lokal.
D. Bahasa daerah dan bahasa Indonesia
12. Dalam pembelajaran menulis, Ibu Siti melakukannya dengan melatih siswa merriilih dan membatasi topik, kemudian membuat kerangka karangan. Setelah itu, ia melatih siswa untukmengembangkan kerangka karangan menjadi" karangan sementara, melakukan revisi isi, dan penyuntingan bahasa. Ini menunjukkan Ibu Siti memandang pembelajaran menulis sebagai suatu ...
A. Objek.
B. Subjek.
C. Proses.
D. Produk.
13. : Penilaian menulis dapat dilakukan dengan menugasi siswa menuliskan kembali sebuah paragraf yang dibacanya dengan kata-katanya sendiri. Ini menunjukkanteknik tes yang diterapkan adalah...
A. Menulis ringkasan.
B. Menyalin paragraf.
C. Menjiplak.
D. Menulis terpadu,
14. Ruly adalah siswa kelas IV SD. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, Ibu Guru meminta semua siswa menyimak cerita yang disampaikan siswa lain. Ruly menyimak dengan tekun ketika ada temannya yang sedang menyampaikan cerita. Oleh karena itu, ia dapat menyambung cerita temannya dengan lancar. Ini menunjukkan kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru adalah ....
A. Melanjutkan cerita.
B. Menyelesaikan cerita.
C. Menyimak cerita.
D. ,D. Menyambung cerita.
15. Guru kelas VI SD menyusun rencana pembelajaran dengan mated "Menulis laporan hasil pengamatan". Rumusan tujuan pembelajaran yang tepat adalah ...
A. Melalui kegiatan membaca sebuah laporan, siswa dapat menuliskan kembali isinya dengan kata-katanya sendiri.
B. Siswa dapat menulis sesuai dengan menerapkan ejaan secara benar.
C. Melaui pengamatan lingkungan, siswa dapat menuliskan hasil amatannya dengan bahasa yang baik dan benar.
D. Siswa dapat menulis laporan dengan benar.
16. Ibu Tini sedang mengajarkan membaca permulaan kepada siswa kelas I SD. Mula mula ia memperiihatkan sebuah gambar anak perempuan yang di bawahnya terdapat tulisan "i - ni. na - ni.Sambil menunjuk gambar, Ibu Tini berkali-kali mengatakan / i - ni ma -ma bu - di/ yang kemudian ditirukan murid-muridnya. Selanjutnya, ia hanya menunjukkan tulisan tanpa diikuti penunjukan gambar, begitu seterusnya. Huruf-hUruf yang dikenalkan kepada siswa telah dipilih Ibu Tini dengart mempertimbangkan taraf kemudahan pengucapannya oleh siswa kelas I. Huruf-huruf yang paling awal dikenalkan kepada siswa adalah
A. a, i, m, n. ;
B . i, u, b, d.
C. a, i, b, d.
D. a, u, m, n.
17. Seorang guru kelas IV SD akan melakukan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar. Aktivitas di bawah ini juga termasuk pembelajaran menulis narasi untuk siswa kelas tinggi, kecuali...
A. Menulis laporan kegiatan wawancara.
B. Menulis pengalaman bersama orang lain.
C. Menceritakan pengalaman yang paling berkesan.
D. Melengkapi cerita rumpang.
18. Pembelajaran menulis permulaan dapat dilakukan dengan urutan langkah sebagai berikut ini. Pertama-tama, dilakukan pengenalan sebuah kata yang kemudian dianalisis menjadi suku kata dan huruf sampai siswa benar-benar mampu membaca dan menulis masing-masing huruf. Langkah berikutnya, dilakukan pembentukan suku kata dan kata-kata lain dengan menggunakan huruf-huruf tersebut. Misalnya: dari kata s a - p u, dianalisis dalam suku kata sa dan pu, selanjutnya dianalisis hurufhurufnya, yaitu s, a, p, u. Setelah mampu membaca dan menulis keempat huruf tersebut,siswa dilatih membentuk suku kata dan kata-kata lain, misalnya u - sap, u - pas, a - pus, pa - us, pu - as, su - ap, dan Iain-Iain. Dengan demikian, metode yangdigunakan dalam pembelajaran menulis permulaan tersebut adalah ...
A. Metode SAS.
B. Metode global.
C. Metode huruf.
D. Metode kata lembaga.
19. Cina merupakan salah satu negara bulu tangkis di dunia. Negara ini pernah mendapatkan Piala Uber dan-Piala Thomas. Akhir-akhir ini, prestasi para atletnya, terutama atlet putra", agak menurun. Meskipun demikian.Gina tetap negara paling kuat dalam olah raga bulu tangkis. Kata kunci paragraf di atas adalah ...
A. Cina dan negara bulu tangkis.
B. Cina dan piala uber.
C. Cina dan piala thomas.
D. Cina dan prestasi bu!u tangkis.
20. Seorang orator menguraikan pidatonya secara panjang lebar. Mula-mula ia mendeskripsikan kondisi-kondisi saat ini, kemudian menganalisis sebab-sebab yang menimbulkannya. Dengan demikian, orasi tersebut menggunakan pola uraian ...
A. Sebab - akibat.
B. Akibat - sebab.
C. Umum - khusus.
D. Khusus - umum.
21. Sejak memasuki era reformasi, ada wacana ingin merubah pancasila sebagai dasar negara dengan ideologi lain. Maka MPR segera membuat ketetapan yang isinya penegasan kembali Pancasila sebagai dasar negara. Hal itu diatur pada ...
A. TAP MPR no. XVIII/MPR/1998.
B. TAP MPR no. III/MPR/2000.
C. TAP MPR no. I/MPR/2003.
D. TAP MPR no. XVII/MPR/1998.
22. Pancasila sebagai ideologi nasional mempunyai 2 fungsi yaitu sebagai cita-cita dan pemersatu masyarakat. Program pemerintah tentang PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) adalah wujud dari ideologi Pancasila khususnya sila ke 5 yaitu ...
A. Pemerataan kesempatan kerja.
B. Pemersatu masyarakat.
C. Mewujudkan cita-cita bangsa.
D. Jaminan hak asasi manusia.
23. Perwujudan sila kelima Pancasila diantaranya penyusunan UU tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan sila ke 5 dan ketentuan yang terdapat pada UUD 1945 khususnya pasal ...
A. 31, tentang pendidikan.
B. 32, tentang anak-anak terlantar.
C. 33, tentang perekonomian
D. 34, tentang fakir miskin
24. Bentuk negara "kesatuan" Republik Indonesia merupakan pilihan bagi bangsa Indonesia, bukan bentuk negara serikat. Hal yang perluditanamkan pada siswa SD dengan konsep NKRI adalah ... • .
A. Pemerintah daerah dibawah pemerintah pusab. .
B. Pemimpin negara adalah presiden.
C. Di dalam negara tidak ada negara.
D. Negara memiliki kedaulatan.
25. Media televisi selalu dibanjiri dengan iklan produk luar negeri. Sebagai seorang guru PKn perlu menanamkan sikap nasionalisme pada siswa. Salah satu bentuk manifestasi nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari diwujudkan dengan cara ...
A. Mengutamakan produk dalam negeri.
B. Kebanggaan terhadap pendidikan dalam negeri.
C. Apatis terhadap kebudayan asing.
D. Mencintai produk dalam negeri.
26. Pemilu adalah sarana demokrasi rakyat Indonesia. Apabila UU Pemilu terdapat sebagian pasal yang bertentangan dengan pasal 28 UUD 1945, maka lembaga yang berwenang melakukan uji materi adalah ...
A. MA.
B. MK..
C. KY.
D. DPR.
27. Pemekaran dari satu kelurahan menjadi dua kelurahan atau lebib, diatur sesuai PP no.73 tahun 2005 yaitu harus memenuhi persyaratan tertentu. Syarat yang harus dipenuhi diantaranya telah menyelenggarakan pemerintahan selama minimal ...
A. 5 tahun.
B. 6 tahun.
C. 7 tahun.
D. 8 tahun.
28. Emansipasi wanita membawa dampak positif dalam peranan wanita di dunia politik. Akhir-akhir ini UU Pemilu memberi syarat pada tiap partai politik peserta Pemilu memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya ...
A. 20%.
B. 30%.
C. 40%.
D. 50%.
29. Siswa SD mulai kelas IV sudah dikena.lkan pemerintah daerah agar ada pemahaman peduli lingkungan yang terkait dengan keanggotaan legislatif. Menurut UU No. 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPRD, jumlah keanggotaan DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota ....
A. DPRD Propinsi 25-100, DPRD Kabupaten/ Kota 15-50.
B. DPRD Propinsi 35-100, DPRD Kabupaten/ Kota 20-50.
C. DPRD Propinsi 40-100, DPRD Kabupaten/ Kota 25-50.
D. DPRD Propinsi 50-100, DPRD Kabupaten/ Kota 30-50.
30. Dalam setiap upacara di sekolah selalu dibacakan pembukaan UUD 1945, pada alinea ke 4 terdapat tujuan negara. Prinsip politik luar negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Contoh dari perwujudan politik luar negeri Indonesia yang aktif adalah ...
A. A Ikut membantu perdamaian dunia.
B. Menjadi anggota PBB.
C. Selalu aktif memerangi terorisme.
Selalu menjalin hubungan khusus kawasan Asia.
(Bersambung)
(Bersambung)
Demikianlah Artikel Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015
Sekianlah artikel Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 dengan alamat link https://membaca-dot.blogspot.com/2015/10/soal-latihan-uji-kompetensi-guru-tahun.html
0 Response to "Soal Latihan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015"
Posting Komentar